Jenis Bahan Sepatu dan Cara Perawatannya

Berikut merupakan daftar bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sepatu berdasarkan kegunaan dan cara perawatannya :

1. Kulit Asli


Bahan kulit asli biasanya terbuat dari kulit hewan seperti kambing, sapi dan domba. Kulit memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan kulit sintetis. Jenis bahan kulit aseli memiliki daya tahan yang sangat lama dibandingkan dengan bahan lain. Agar tetap awet bahan jenis ini memerlukan perawatan khusus. Alangkah baiknya untuk menyimpan di tempat yang kering karena jika anda meletakkannya di daerah lembab, kulit akan ditumbuhi jamur berupa bercak-bercak putih / abu. Untuk membantu membersihkan, anda dapat menyertakan sedikit air pada kain dan menggosoknya dengan lembut.

2. Kulit Suede


Suede merupakan bagian dari jenis bahan kulit namun memiliki tekstur yang lebih lembut. Tekstur lembut didapat dari bagian belakang kulit yang dipisahkan dari permukaannya. Sepatu yang terbuat dari kulit suede berkesan menarik dan dapat digunakan untuk acara non-formal / santai dan casual.

3. Karet


Karet merupakan jenis bahan sintetis / bahan non kulit. Karet berasal dari getah pohon karet yang diolah sedemikian sehingga menghasilkan bahan karet yang bisa dijadikan sepatu. Umumnya bahan karet digunakan untuk membuat sepatu-sepatu wanita & pria seperti sepatu kasual dan pantope. Sepatu berbahan karet memiliki daya tahan yang kuat, lentur dan tahan air.

4. Denim


Denim merupakan bahan yang menyerupai canvas dengan tekstur tidak terlalu kasar. Bahan jenis denim sering digunakan untuk membuat sneakers. Warna sepatu berbahan denim umumnya berwarna biru, abu-abu dan hitam. Bahan jenis ini tergolong kuat dan tahan lama.

5. Canvas


Bahan canvas sering dijumpai pada sepatu sekolah dan sepatu lukis. Bahan canvas memiliki tekstur yang ringan dan berserat. Teksturnya yang berserat dan menyerap, membuatnya mudah digunakan untuk menggambar suatu objek sehingga banyak sepatu lukis yang terbuat dari bahan canvas. Salah satu brand sepatu yang banyak menggunakan bahan canvas adalah sepatu converse. Sepatu dengan bahan canvas umumnya berwarna hitam dan putih.

6. Lak


Lak merupakan bahan pembuat sepatu yang memiliki tekstur mengkilap. Tekstur mengkilap pada bahan ini disebabkan oleh proses akhir finishing kulit. Cara perawatan bahan jenis ini sangat mudah yaitu cukup di lap dengan kain basah.

7. Kulit Sintetis


Kulit sintetis merupakan bahan pembuat sepatu yang terbuat dari campuran bahan-bahan kimia olahan pabrik. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat sepatu karena harganya relative lebih murah. Kulit sintetis memiliki tekstur mengkilat. Bahan kulit sintetis banyak digunakan untuk sepatu jenis formal, kasual dan anak-anak.

8. Kulit Buk/bunbuck


Kulit buk memiliki bahan dasar yang sama dengan bahan kulit suede, perbedaannya kulit buk memiliki tekstur yang kasar, sedangkan kulit suede lebih lembut. Bahan ini sering digunakan untuk membuat sepatu-sepatu kasual dan kombinasi sepatu boots. 

CS