IMG-LOGO
Home Perbedaan Online Shop, Marketplace dan E-Commerce

Perbedaan Online Shop, Marketplace dan E-Commerce

Oleh Super Admin - 28 May 2019 - Pengetahuan Umum Dilihat 304 Kali
Share:
Perbedaan Online Shop, Marketplace dan E-Commerce

Pada jaman serba teknologi seperti sekarang ini, belanja online merupakan kegiatan sangat diminati oleh masyarakat karena dirasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Pembeli dapat memesan sebuah produk melalui website penyedia berbagai produk yang disediakan secara online dan lengkap. Website penyedia layanan jual-beli online biasa disebut online shop namun ada beberapa yang menyebutnya dengan marketplace dan e-commerce. Lalu apa perbedaan diantara ketiganya ? mari kita bahas satu per satu.

Marketplace

Marketplace merupakan sebuah ruang yang menghubungkan antara penjual dan pembeli dimana didalamnya terdapat toko-toko yang dimiliki oleh penjual. Secara garis besar tujuan marketplace adalah mewadahi para pembisnis kecil maupun besar untuk membangun bisnisnya melalui marketplace. Biasanya sebuah marketplace dilengkapi dengan fasilitas yang memudahkan penggunanya seperti sistem pembayaran otomatis, tutorial & fitur khusus untuk mempermudah penjual untuk mengembangkan bisnisnya. Jenis produk yang dijual di marketplace sangat beragam mulai dari barang bekas hingga makanan. Contoh marketplace yang terkenal di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Secara umum marketplace menggratiskan pembuatan akun toko online bagi para penjual kecuali jika ingin mendapatkan fitur ekstra yang disediakan untuk kebutuhan promosi atau pemasaran produk lebih luas.

Online Shop / Toko Online

Online shop merupakan toko-toko yang berada pada lingkup marketplace. Melalui toko, penjual dapat mengatur tokonya sendiri mulai dari nama toko, deskripsi toko, produk yang dijual, ketentuan yang berlaku, dan pengaturan ongkos kirim. Satu akun toko dimiliki oleh satu penjual yang dapat mengatur pemesanan, pengelolaan barang, mengatur strategi penjualan dan pemasaran produk. Melalui toko online ini, penjual dan pembeli saling bertemu. Pembeli dapat mengakses toko online sesuai dengan barang yang mereka cari lalu melakukan pemesanan dan pembelian.

E-Commerce

E-Commerce atau electronic commerce atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut perdagangan elektronik merupakan sebuah website yang menjual suatu produk langsung kepada pembeli. Berbeda dengan marketplace yang didalamnya terdapat banyak toko yang menyediakan berbagai macam produk, e-commerce hanya menjual beberapa jenis produk langsung dari penjualnya tanpa perantara. E-commerce dilengkapi dengan fitur yang tidak kalah menarik dengan marketplace, tersedia fitur shopping cart, pembayaran otomatis dan fitur transaksi lainnya. Pembuatan e-commerce biasanya memakan waktu dan biaya yang lumayan, karena website jenis ini dibuat secara khusus. Namun kelebihannya, penjual yang menjual produknya melalui e-commerce biasanya memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan dan dengan e-commerce penjual dapat meningkatkan identitas brand dengan memberi layanan dan pengelolaan sendiri.


IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    CS
    Admin