IMG-LOGO
Home Panduan Mass Upload Produk di Lazada

Panduan Mass Upload Produk di Lazada

Oleh Super Admin - 26 June 2019 - Berjualan di Lazada Dilihat 455 Kali
Share:
Panduan Mass Upload Produk di Lazada

Untuk mempermudah proses upload produk, Lazada menyediakan fitur upload massal. Upload massal atau sering disebut mass upload, merupakan sebuah metode untuk melakukan upload produk dengan cara mengunggah data produk lebih dari satu dalam bentuk excel. Dengan cara ini, penjual dapat mengunggah lebih dari satu produk dalam sekali waktu. Berikut merupakan cara mengupload produk menggunakan cara mass upload :

A. Unduh Template Mass Upload

Lazada menyediakan file template yang dapat Anda unduh untuk selanjutnya Anda isi sesuai dengan ketentuan yang dicontohkan pada template. Template tersebut disediakan untuk mempermudah proses singkronisasi sistem. 

1.Pastikan Anda sudah login ke website resmi seller yaitu https://sellercenter.lazada.co.id

2. Setelah login, pilih menu Products > Add Products


3. Akan tampil seperti tampilan dibawah, selanjutnya klik Import Products untuk mengunduh template mass upload


4. Selanjutnya, pilih kategori sesuai dengan produk yang akan diupload. Format template akan disesuaikan dengan kategori yang Anda pilih. Jadi pilihlah kategori sesuai dengan produk yang akan Anda upload. 


5. Selanjutnya akan tampil template yang bisa Anda unduh pada menu Template History. Untuk kembali ke tab import / memilih kategori lain, Anda dapat mengklik Import Another 


6. Di tampilan Import produk, Anda dapat melihat seluruh daftar kategori yang ada di Lazada dengan cara mengklik link “Download Category Tree”


Catt : Pemilihan kategori yang tepat dapat mempermudah proses QC dan mempermudah pengisian template.

7. Setelah semua kategori dipilih, selanjutnya Anda dapat mengunduh template pada tombol Download. Setelah selesai diunduh Anda dapat menutup halaman dengan mengklik tombol Done.


B. Mengisi Template Mass Upload

Setelah Anda berhasil mengunduh, template bisa langsung Anda isi dengan memerhatikan petunjuk yang sudah ditentukan oleh Lazada.

1. Buka template yang telah Anda unduh. Setelah terbuka, Anda dapat langsung mengisi pada Sheet Upload Template. 


Catt :

- Anda hanya diperkenankan untuk mengubah pada Sheet Upload Template.

- Kolom yang bertanda (*) berwarna merah merupakan kolom yang wajib Anda isi

2. Untuk mengisi kolom pertama “Primary Category” Anda dapat melihat list kategorinya pada Excel yang Anda unduh sebelumnya yaitu file “Category Tree”. Setelah file terbuka, Anda dapat melakukan pencarian dengan menekan tombol kombinasi CTRL+F pada excel. Jika data kategori sudah ditemukan, Anda dapat mencari nomor id kategori tersebut pada template mass upload.


Pada contoh diatas kita memilih kategori dress maxi dengan kode 6526.

3. Selanjutnya pada template mass upload, Anda dapat mencari kode dengan memasukkan kode yang di dapat pada file Categori Tree. Pada contoh, kode yang dicari adalah 6526


4. Selanjutnya mengisi kolom short_description. Untuk mengisi kolom ini, Anda membutuhkan teks editor dan mengambil kode HTMLnya. Untk membuat HTML Anda dapat mengakses htmleditor.in. Tampilan aplikasinya seperti pada gambar berikut


5. Masukkan poin-poin deskripsi produk dalam bentuk bullet points. Setelah selesai, klik tombol Source.


6. Maka Anda akan mendapatkan kode HTML. Selanjutnya Copy kode tersebut mulai dari

    hingga
.


7. Paste pada template Mass Upload di kolom short description.


8. Upload gambar hanya dapat disertakan pada template mass upload jika gambar sudah berbentuk link.


Catt : Anda dapat mengunggah gambar setelah proses import selesai dengan cara manual. Pastikan image yang Anda upload memiliki rasio 1 x 1.

9. Setelah semua kolom wajib dan kolom lainnya terisi. Simpan file mass upload tersebut.

C. Upload ke Sistem Lazada

Setelah proses pengisian selesai, selanjutnya adalah proses pengunggahan file template mass upload ke sistem seller Lazada. 

1. Masuk ke halaman Add products dengan mengakses menu Products > Add Products, lalu pilih Import Products


2. Pada tab Import klik Upload Files, lalu pilih file template yang sudah Anda isi tadi. Lalu klik Open, maka file akan langsung terunggah.


3. Untuk selanjutnya, Anda dapat melihat hasil file yang Anda unggah pada tampilan Import Produk di tab Import History. Pada tab ini, Anda akan mengetahui status file yang di upload apakah gagal atau berhasil. Jika gagal sistem akan menampilkan status x dengan progress “Dowload Error Report” itu artinya Anda harus memperbaiki file yang Anda unggah dan menggunggahnya kembali. Sebaliknya, jika status berhasil sistem akan menampilkan status checklist hijau dengan progress “Success”. Anda dapat mengakhiri proses dengan mengklik tombol Done


4. Kembali ke menu Product klik Manage Product, klik Inactive dan pilih Quality Approval Pending


5. Dihalaman ini Anda dapat melihat antrian produk Anda yang sedang dalam proses QC



IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    Chat Admin