IMG-LOGO
Home Mengenal Bahan Dasar Sweater / Jaket

Mengenal Bahan Dasar Sweater / Jaket

Oleh Super Admin - 17 June 2019 - Pengetahuan Umum Dilihat 238 Kali
Share:
Mengenal Bahan Dasar Sweater / Jaket

Jaket atau sweater merupakan jenis pakaian yan sering digunakan untuk menghangatkan badan dan melindungi tubuh dari suhu ekstrim. Dibeberapa Negara dengan musim dingin, jaket dan sweater menjadi kebutuhan pokok untuk digunakan sehari-hari, diluar maupun didalam ruangan. Selain untuk menghangatkan badan jaket dapat digunakan sebagai pelengkap fashion, cara berpakaian, style berpakaian sehari-hari.

Terdapat beberapa material / bahan yang digunakan untuk membuat jaket. Fungsi dan kegunaan jaket dapat menjadi salah satu faktor yang dapat dipertimbangkan untuk membuat sebuah jaket / sweater.

1. Fleece merupakan bahan dengan tekstur lembut, namun terdapat perbedaan pada tekstur luar dan dalam kain, tekstur bagian dalam kain lebih lembut dan terdapat bulu-bulu halus dan tebal untuk menghangatkan tubuh. Bahan jenis ini memiliki kelebihan yaitu lembut dan hangat.


2. Baby Terry merupakan bahan yang terbuat dari serat kapas. Pada awalnya, bahan ini hanya digunakan untuk bahan dasar handuk karena teksturnya yang lembut dan memiliki daya serap yang tinggi. Kini bahan baby terry banyak digunakan untuk membuat jaket karena teksturnya yang ringan, halus dan ketika digunakan terasa sangat hangat namun tidak gerah dan tetap nyaman digunakan. Bahan jenis ini memiliki kelebihan yaitu material yang halus, ringan dan memiliki daya serap yang tinggi.


3. Denim merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat fashion item seperti celana atau jaket. Kain ini biasanya berwarna khas biru. Pada mulanya bahan jenis ini digunakan untuk membuat fashion item para pekerja tambang, karena materialnya yang kasar dan tidak mudah robek. Namun seiringnya perkembangan dunia fashion, material denim dicampur dengan bahan lain yang membuat bahan tersebut menjadi elastis dan tidak terlalu kasar. Bahan jenis ini memiliki kelebihan yaitu kuat dan tahan lama. 


4. Cordura merupakan bahan kain yang terbuat dari bahan serat sintetis 100% dan beberapa campuran bahan kapas lainnya yang membuat bahan ini bertekstur kasar dibandingkan dengan bahan katun. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat jaket militer atau jaket motor. Bahan jenis ini memiliki kelebihan yaitu kuat, tidak cepat sobek, warna yang padat sehingga tidak mudah pudar.


5. Despo, bahan jenis despo sering digunakan untuk membuat jaket outdoor. Despo merupakan jenis kain wndbreaker (penahan angin) sejenis parasut namun agak halus, tidak kaku dan lebih tebal dibandingkan dengan polyester. Selain tahan angin, beberapa bahan despo memiliki karakteristik tahan air. Bahan jenis ini memiliki kelebihan yaitu tidak kaku, halus, memiliki karakteristik dapat menyesuaikan dengan suhu luar jika panas maka pengguna tidak akan merasa kepanasan dan jika suhu luar dingin maka akan memberikan kehangatan.


6. Kanvas merupakan bahan kain yang memiliki serat tebal dan kuat. Bahan ini terdiri dari beberapa jenis seperti kanvas marsoto, kanvas ring, kanvas sueding, dan baby kanvas yang memiliki karakteristiknya masing-masing. Bahan jenis ini memiliki kelebihan yaitu kuat dan tebal.


7. Kulit merupakan bahan yang berasal dari hewan seperti kulit sapi, kambing, domba dan kulit binatang lainnya. Bahan kulit terdiri dari beberapa jenis mulai dari yang terbaik hingga standar, namun secara keseluruhan bahan kulit memiliki tekstur yang kuat dan tahan lama. Makin bagus kualitas maka harganyapun semakin mahal. Bahan jenis ini memiliki kelebihan yaitu kuat, tahan lama, elegan, alami, dan memiliki bau yang khas.


8. Taslan, bahan taslan memiliki karakter lembut, tebal dan tahan angin. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat jaket motor. Bahan jenis ini memiliki kelebihan yaitu lembut, tahan air, tahan angin.



IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    CS
    Admin