IMG-LOGO
Home JNE vs Tiki, Mana Yang Lebih Bagus?

JNE vs Tiki, Mana Yang Lebih Bagus?

Oleh Super Admin - 20 June 2019 - Pengetahuan Umum Dilihat 972 Kali
Share:
JNE vs Tiki, Mana Yang Lebih Bagus?

Tren belanja online sedang marak di kalangan masyarakat Indonesia. Perkembangan teknologi membuat masyarakat dengan mudah mengakses banyak marketplace untuk melakukan transaksi jual beli online. Tentu saja marketplace tidak dapat bekerja sendiri dalam melayani pelanggannya. Diperlukan pihak luar untuk mendukung pelayanan salah satunya adalah jasa layanan pengiriman. 

Semakin berkembangnya sistem perdagangan online menjadi pemicu perkembangan jasa pengiriman barang. Dewasa ini banyak jasa pengiriman barang yang melakukan dobrakan-dobrakan baru untuk melayani pelanggan, sehingga berkesan tak ada jarak antara penjual dan pembeli. Hal ini menyebabkan persaingan antar jasa pengiriman. 

JNE merupakan jasa pengiriman yang cukup banyak diminati di Indonesia. JNE menjadi salah satu prionir jasa pengiriman di Indonesia. JNE memiliki sistem pemasaran yang cukup baik sehingga mudah baginya untuk mengembangkan bisnis lebih luas. TIKI merupakan perusahaan yang berkiprah cukup lama di dunia pengiriman barang. Di usianya yang menginjak 30 tahun TIKI mampu bersaing dan bertahan dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang serupa.

Pada mulanya TIKI dan JNE merupakan satu perusahaan yang sama. TIKI atau PT Citra van Titipan Kilat bergelut di bidang jasa pengiriman jaringan kurir internasional. Sedangkan, JNE mengawali bisnisnya dengan melayani jasa impor barang, dokumen dan pengantaran barang-barang dari luar negeri ke Indonesia. Seiring berjalannya waktu JNE terus mengembangkan bisnisnya hingga ke wilayah yang mencakup seluruh dunia. Karena adanya persaingan di pasar domestik, JNE semakin melebarkan sayapnya ke dunia jaringan domestik dengan memperluas layanan dengan logistik dan distribusi. Dengan layanan tersebut, JNE mendapatkan keunggulan dibanding TIKI. Hal tersebut membuat kedua nama tersebut saling bersaing. Pada akhirnya JNE mendirikan perusahaan sendiri dengan manajemen dan logo sendiri. 

JNE memiliki keunggulan dari segi pelayanan terhadap pelanggan seperti customer service dan pelayanan pelacakan barang milik konsumen. JNE banyak diminati karena cepat beradaptasi terhadap teknologi yang berkembang sehingga memudahkan konsumen dalam melacak keberadaan barang melalui fitur resi dan status pengiriman yang dapat diakses melalui website. Selain itu, JNE memiliki banyak cabang yang bisa ditemukan di beberapa titik di suatu daerah.

Tingginya minat masyarakat dalam melakukan transaksi jual-beli online membuat JNE mengembangkan bisnisnya dengan bekerja sama dengan marketplace. JNE meningkatkan pelayanan yang disebut JTR (JNE Trucking) yang dapat memudahkan dalam pengiriman barang berukuran besar dan jarak yang jauh. Untuk pelacakan sendiri, JNE memiliki teknologi My JNE. Kerjasama ini dimaksudkan untuk mendongkrak tambahan pengiriman barang dan jasa sebesar 30% per tahun. Tercatat hingga 2018 JNE memiliki 56 cabang dan 6.000 titik dengan 2.000 armada yang tersebar di seluruh Indonesia. JNE mampu melayani sebanyak 19 juta paket dalam satu bulan. Hal ini membuat JNE semakin berkembang pesat diantara jasa pelayanan lainnya. 

Jika dijabarkan, berikut merupakan kelebihan dan kelemahan JNE dan TIKI :

Kelebihan JNE : 

1. Memiliki layanan customer service yang responsive

2. Memiliki teknologi pelacakan/tracking barang yang cepat dan baik

3. Memiliki banyak cabang sehingga mudah ditemukan dimana saja

4. Memiliki system garansi uang kembali jika sewaktu-waktu kiriman paket bermasalah atau melebihi waktu yang ditentukan

Kekurangan JNE :

1. Nomor resi seringkali sulit untuk dilacak

2. Tarif relative mahal jika dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya

3. Pengiriman terkadang melebihi dari waktu yang ditentukan sebelumnya

Kelebihan TIKI :

1. Tarif yang diberlakukan TIKI relative murah dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya

2. Memiliki pengalaman yang cukup lama didunia pengiriman barang

3. Memiliki layanan yang variatif yang dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan pelanggan

Kekurangan TIKI :

1. Customer service yang terkadang sulit dihubungi

2. Pelayanan TIKI hanya menjangkau daerah-daerah di kota besar

3. Tidak ada konfirmasi mengenai status barang milik pelanggan sehingga menyulitkan pelanggan dalam mengetahui posisi barang.

Secara keseluruhan, kualitas pelayanan JNE lebih unggul dibanding TIKI.


IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    CS
    Admin