IMG-LOGO
Home Hal Yang Menyebabkan Bisnis Tidak Berkembang

Hal Yang Menyebabkan Bisnis Tidak Berkembang

Oleh Super Admin - 29 May 2019 - Pengetahuan Umum Dilihat 158 Kali
Share:
Hal Yang Menyebabkan Bisnis Tidak Berkembang

Menjadi seorang wirausahawan merupakan impian setiap orang. Banyak orang yang berfikir bahwa mendirikan sebuah usaha hanya membutuhkan modal yang banyak, karena dengan modal tersebut seorang pembisnis dapat mengatur bisnis sedemikian sehingga bisnis tersebut dapat berjalan dan sukses. Meskipun begitu, modal bukanlah hal utama yang dapat membuat sebuah usaha tumbuh dan berkembang. Masih banyak faktor lain yang dapat direncanakan dan dipertimbangkan. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan bisnis / usaha tidak berkembang :

1. Perencanaan yang kurang matang 

Perencanaan merupakan hal dasar yang perlu dirancang untuk memulai sebuah usaha. Dengan perencanaan yang matang, pengusaha dapat mengambil keputusan dan mengatasi masalah dengan cepat. Untuk awal, biasanya perencanaan usaha dibuat dengan sederhana dan matang agar mudah diterapkan. Dengan adanya perencaan, pengusaha tidak akan mudah goyah ketika diterpa suatu hambatan dan tantangan bisnis. Perencanaan dimulai dengan menentukan visi dan misi usaha, dan menggali lebih dalam mengenai usaha yang akan digeluti seperti melakukan survei langsung ke pasar, jika anda akan menggeluti dunia usaha berbasis online anda dapat mensurvei beberapa usaha-usaha online yang sudah berjalan.

2. Tidak Pandai Mengelola Keuangan

Hal terpenting lainnya yang dapat menyebabkan bisnis tidak berkembang adalah minimnya pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan usaha. Pengelolaan keuangan dapat dimulai dari mencatat setiap transaksi yang dilakukan seperti pemasukan, pengeluaran hingga menghasilkan laporan keuangan. Dengan menggunakan laporan keuangan tersebut, seorang pengusaha dapat mengambil keputusan-keputusan agar bisnis / usaha dapat terus berjalan.

3. Tidak melakukan Inovasi Bisnis

Berkembangnya teknologi mendorong para pengusaha yang menggeluti usaha offline untuk berbondong-bondong melakukan inovasi-inovasi agar produk yang mereka jual tetap eksis dipasaran. Untuk pengusaha yang tidak pandai membaca tren maka lama kelamaan usaha yang mereka pretahankan dapat mengalami gulung tikar.

4. Tidak Adanya Target

Target / tujuan merupakan hal yang utama dalam menjalankan suatu usaha, karena tanpa target kita tidak dapat menentukan arah dan akan kebingungan dalam menentukan pekerjaan. Dengan adanya target kita dapat mengambil langkah untuk memastikan semua terukur dan pasti. Biasanya target yang dibuat dalam sebuah usaha adalah target penjualan, omset, profit dan lain sebagainya.

5. Cepat puas

Sifat puas merupakan sifat yang muncul ketika seseorang mendapatkan keberhasilan atau mencapai target yang telah direncanakan sebelumnya. Untuk mencapai tujuan yang besar diperlukan usaha dan target yang lebih besar pula. Pencapaian yang diraih tidak lantas membuat kita puas dan berhenti, melainkan terus belajar dan melakukan terobosan-terobosan baru untuk mengembangkan bisnis. Bagi seorang pengusaha, sikap ini perlu diwaspadai karena merasa cepat puas akan membunuh kreatifitas dan tidak berkembang. Sikap cepat puas akan menjerumuskan seorang pembisnis pada kondisi stagnan, karena ia berfikir bahwa bisnis yang ia jalani sudah cukup sukses.


IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    Chat Admin