IMG-LOGO
Home Cara Riset Produk Yang Paling Dicari Netizen

Cara Riset Produk Yang Paling Dicari Netizen

Oleh Super Admin - 27 May 2019 - Pengetahuan Umum Dilihat 325 Kali
Share:
Cara Riset Produk Yang Paling Dicari Netizen

Melakukan riset adalah suatu keharusan jika ingin memulai usaha, dengan melakukan riset terlebih dahulu kita dapat mengetahui data-data produk/jasa yang paling laku dipasaran, yang sedang diminati oleh masyarakat saat ini. Dengan begitu, kita dapat menarik kesimpulan apakah produk yang akan kita jual dapat memenuhi kebutuhan pasar (laku) atau tidak laku.

Cara riset produk yang sedang trend salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi yang diluncurkan oleh Goolgle yaitu Google Trend. Google trend merupakan aplikasi yang dimiliki oleh google yang berfungsi untuk menganalisis hal apapun yang sedang terjadi saat ini. Google trend sering digunakan oleh pengguna internet untuk mengetahui hal apa saja yang sedang terjadi, yang sedang hits, dan ramai perbincangkan oleh netizen saat ini.

Untuk melihat hal yang sedang trending saat ini, kita dapat mengunjungi halaman Google  Trend di link berikut https://trends.google.com/trends. Kita dapat melihat apa saja yang sedang trending disuatu Negara dengan mengklik pada pilihan Negara kanan atas pada halaman utama Google Trend. Secara default Negara yang terpilih adalah United States.


Untuk melihat topik dan konten yang sedang hits di Indonesia kita bisa pilih Negara Indonesia atau melalui link berikut https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID. Pada halaman Google Trend kita bisa melihat beberapa fitur yaitu : 

1. melakukan pencarian topic atau hal yang ingin kita lihat perkembangannya saat ini, dengan memasukkan kata kunci yang ingin anda cari. Setelah itu anda dapat membandingkan kata kunci yang anda cari dengan kata kunci lain. Data yang disajika berupa grafik (bar chart & line chart). Angka yang dihasilkan diukur dari angkan 0 hingga 100 berdasarkan proporsi topik untuk semua pencarian yang berhubungan dengan topik terkait. Google menggunakan metodologi “Hasil pencarian sesuai dengan waktu dan query”



2. kita bisa melihat hal apa saja yang menjadi trend pada tahun lalu (2018) disemua kategori seperti film, buku, lagu, berita dan lain-lain.



3. selanjutnya kita bisa melihat urutan trending saat ini yang ada di Indonesia 


4. melihat trending topic berdasarkan tahun


Riset kata kunci Google Trend

Selain mengetahui hal yang sedang trend saat ini, langkah pertama untuk menyusun strategi SEO adalah dengan mengetahui kata kunci yang tepat yang sering digunakan pengguna internet dalam menjelajah di mesin pencarian Google. Google trends dapat membantu proses riset keyword dengan memberikan rekomendasi kata kunci baru bagi penggunanya. Sebagai contoh, kita masukkan kata kunci baju lengan pendek dan baju lengan panjang. Berikut merupakan kata kunci dan topic yang disarankan oleh Google Trends untuk kata kunci baju lengan pendek.


Hasil kata kunci yang disarankan oleh Google Trends untuk kata kunci baju lengan panjang.


Kata kunci yang disarankan oleh Google Trends dihasilkan dari pencarian yang berhubungan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Ketika hasil yang ditunjukan Google Trends jauh dari kata kunci yang dicari oleh pengguna, maka Google Trends menampilkan informasi bahwa pengguna internet mencari kata kunci baju lengan panjang dan lengan pendek juga mencari kata kunci yang dihasilkan diatas.

Kata kunci yang disarankan oleh Google Trends tidak selalu berkaitan dengan kata kunci yang kita cari. Namun bisa saja dengan kata kunci tersebut, kita bisa mendapatkan jangkauan yang lebih luas dan berbeda.

Google Trends dapat menginformasikan sebuah kata kunci pada beberapa pencarian yang di sediakan oleh Google seperti jenis pencarian gambar, pencarian youtube, pencarian web, pencarian berita dan pencarian youtube. Anda dapat memilih jenis pencarian dengan memilih pada kategori pilihan pencarian.


Selain itu, Google Trend juga menginformasikan kata kunci yang hits pada musim-musim tertentu contohnya kata kunci “Ramadhan” dicari pada rentang waktu lima tahun terakhir hasilnya seperti berikut ini :


Grafik tersebut menunjukan bahwa trend Ramadhan terjadi 1 kali dalam setiap tahunnya.


IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    CS
    Admin