IMG-LOGO
Home Cara Pembayaran Seller di Shopee

Cara Pembayaran Seller di Shopee

Oleh Super Admin - 23 May 2019 - Berjualan di Shopee Dilihat 982 Kali
Share:
Cara Pembayaran Seller di Shopee

Sebelum berjualan, alangkah baiknya kita mengetahui tata cara transaksi seperti pembayaran, pembelian dan transaksi lainnya. Hal pertama yang harus anda ketahui adalah tentang system pembayaran di Shopee. 

Selain menjadi media pemasaran produk, Shopee berperan sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Proses transaksi atau pembayaran dimulai dari transaksi pembelian produk yang dilakukan oleh pembeli lalu pembeli melakukan pembayaran. Pada tahap ini, pembeli akan diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening Shopee, uang yang dibayarkan oleh pembeli tidak langsung dimiliki oleh penjual.

Jumlah yang dibayarkan harus sesuai dengan jumlah produk yang dibeli. Jika pembeli memiliki promo gratis ongkir, pembeli hanya perlu mentransfer uang sejumlah harga produk saja. Akan tetapi, jika tidak mendapatkan promo ongkir, pembeli membayar jumlah ongkir ditambah jumlah produk yang dibeli.  Setelah pembeli melakukan pembayaran, penjual akan mengirimkan produk yang dipesan menggunakan kurir yang telah ditentukan dengan alamat yang sesuai. 

 Setelah mengirimkan pesanan, penjual akan menunggu sampai barang yang dipesan, sampai kepada pembeli. Uang pembayaran akan pindah ke penjual setelah pembeli melakukan konfirmasi barang yang dipesan telah sampai. Uang dari Shopee akan masuk ke Dompet Shopee atau ShopeePay sejumlah produk yang dibeli oleh pembeli, akan diakumulasikan setiap ada produk yang terjual. Setelah tersimpan di ShopeePay anda dapat kapanpun mencairkan uang tersebut dengan cara ditransfer ke rekening anda. Selain dicairkan, saldo / uang yang terdapat di ShopeePay dapat anda gunakan untuk berbelanja di Shopee.

Lalu sebagai penjual bagaimana jika anda ingin menarik uang hasil penjualan produk ? Berikut penjelasannya :

Untuk dapat menarik dana dari ShopeePay anda terlebih dahulu akan diminta untuk melengkapi identitas terlebih dahulu. Caranya yaitu :

1. Pastikan anda sudah login

2. Pilih menu ShopeePay


3. Pilih pengaturan disudut kanan layar

4. Pilih Verifikasi KTP/KITAS



Dengan mendaftarkan identitas, anda dapat mendapatkan lebih banyak fitur ShopeePay termasuk :

1. Meningkatkan batas saldo Rp. 10.000.000

2. Melakukan penarikan ke rekening ShopeePay Anda

Proses verifikasi identitas akan diproses maksimal 5 x 24 jam (hari kerja). Setelah selesai pihak ShopeePay akan menghubungi anda. Pihak Shopee akan memeriksa data dan kelengkapan identitas anda. Jika tidak sesuai, pihak Shopee akan melakukan reject terhadap identitas yang anda upload. Selanjutnya anda dapat kembali mengupload kembali identitas anda.

Jika proses verifikasi identitas selesai, anda dapat melanjutkan untuk melakukan penarikan, namun sebelumnya anda harus melengkapi data rekening bank untuk proses pencairan dengan langkah berikut ini :

1. Pilih menu  dan klik menu ShopeePay 

2. Pilih menu pengaturan disudut kanan atas

3. Pilih Rekening Bank untuk ShopeePay

4. Pilih 

5. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar

6. Masukkan nama, data bank dan nomor rekening

7. Tunggu maksimal 2 x 24 jam (hari kerja) hingga rekening bank diverifikasi oleh sistem

Setelah rekening anda berhasil diverifikasi oleh system, anda dapat melakukan penarikan dana dari ShopeePay dengan langkah berikut ini :

1. Pilih ShopeePay dan pilih menu Penarikan


2. Pada halaman Penarikan, pilih rekening bank tujuan, masukkan jumlah saldo yang ingin ditarik, jika anda ingin menarik semua saldo checklist pilihan Tarik Saldo saat ini


3. Masukkan pin ShopeePay anda

4. Selesai

Catatan : 

- Untuk penarikan dana ke Bank BCA, BRI, BNI, Mandiri: akan dikenakan biaya Rp3.000,- 

bila jumlah yang ditarik di bawah Rp50.000,- (di atas Rp50.000,- tidak dikenakan biaya)

- Untuk penarikan dana selain ke Bank BCA, BRI, BNI, Mandiri: akan dikenakan biaya Rp3.000,- setiap penarikan.


IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    Chat Admin