IMG-LOGO
Home Cara Menjadi Star Seller di Shopee

Cara Menjadi Star Seller di Shopee

Oleh Super Admin - 17 May 2019 - Berjualan di Shopee Dilihat 1933 Kali
Share:
Cara Menjadi Star Seller di Shopee

Shopee diluncurkan pada tahun 2015, dengan usianya yang terbilang baru, shopee mampu bersaing dengan marketplace lain. Shopee banyak menghadirkan inovasi-inovasi baru di dunia marketplace sehingga tidak heran banyak orang yang membuka akun di Shopee dan berjualan disana.

Berjualan online membutuhkan ketekunan dan keahlian dalam menarik konsumen. Penjual harus konsisten dalam mengembangkan toko mulai dari mengelola produk, merespon pelanggan, mengatur strategi promosi, mengelola penjualan dan melakukan inovasi-inovasi agar toko anda menjadi menari dan terpercaya disbanding toko-toko online lain. Untuk mengapresiasi proses dan kerja keras para penjualnya, Shopee menyediakan fitur Star Seller. Star Seller menjadi hadiah atas kerja keras para seller yang telah aktif dan memiliki pelayanan pelanggan yang baik. 

Jika anda sudah terdaftar menjadi Star Seller, anda wajib sekali mengejar status Star Seller. Lalu apakah keuntungan menjadi Star Seller di Shopee ? Berikut merupakan beberapa keuntungan menjadi Star Seller.

1. Meningkatkan kredibilitas toko

Dengan terdaftarnya anda sebagai Star Seller, toko anda memiliki kredibilitas yang baik di mata konsumen. Status Star Seller hanya didapat oleh penjual-penjual yang terpercaya dan memiliki sistem pelayanan terbaik bagi pelanggannya.

2. Meningkatkan omset penjualan

Dengan baiknya kredibilitas, otomatis omset penjualan meningkat. Semakin baik nilai toko anda, maka semakin banyak pula pelanggan yang percaya dengan pelayanan dan kualitas produk yang anda jual. 

3. Banyak konsumen yang melihat produk yang anda jual

Dengan status Star Seller, produk anda akan terpilih oleh Shopee untuk dipajang di halaman depan Shopee sehingga banyak pelanggan yang melihat dan menemukan produk yang anda jual. Hal ini secara otomatis akan meningkatkan omset penjualan anda.

Bagaimana menarik bukan ? Nah, untuk menjadi Star Seller Shopee memiliki kriteria yang diberlakukan untuk semua penjual yang terdaftar di Shopee. Kriteria tersebut terbagi 2 bagian yaitu kriteria untuk menjadi seller dan kriteria untuk mempertahankan star Seller, berikut merupakan penjelasannya :

Kriteria untuk Menjadi Star Seller*

Kriteria untuk mempertahankan Star Seller*

Detil No. KTP telah sukses diterima dan disetujui oleh Shopee

Detil No. KTP telah sukses diterima dan disetujui oleh Shopee

Toko mempunyai persentase chat dibalas >= 80%

Toko mempunyai persentase chat dibalas >= 70%

Toko mempunyai penilaian >= 4.5

Toko mempunyai penilaian >= 4.5

Toko memiliki minimum jumlah transaksi berhasil sebesar 100 pesanan dalam sebulan terakhir

Toko memiliki minimum jumlah transaksi berhasil sebesar 50 pesanan dalam sebulan terakhir

Toko memiliki persentasi produk Pre-order < 20% selama < 5 hari dalam 30 hari terakhir

Toko memiliki persentasi produk Pre-order < 20% selama < 5 hari dalam 30 hari terakhir

Toko melayani 25 Pembeli berbeda dalam sebulan terakhir

Toko melayani 25 Pembeli berbeda dalam sebulan terakhir

Toko memiliki poin penalty sebanyak 0 poin

Toko memiliki poin penalty sebanyak < 3 poin

Tidak mempunyai riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi

Tidak mempunyai riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi


1. No. KTP telah sukses diterima dan disetujui oleh Shopee

Syarat untuk menjadi Star Seller yang pertama adalah mendaftarkan identitas anda berupa data KTP dan foto anda.

2. Toko mempunyai persentase chat dibalas >= 80%

Shopee memiliki penilaian terhadap pelayanan yang anda berikan kepada pelanggan. Shopee menetapkan kriteria kepada penjual dengan melihat persentase chat dibalas >= 80% itu artinya anda harus cepat dan ramah dalam melayani pelanggan yang berkunjung ke toko anda.

3. Toko mempunyai penilaian >= 4.5

Penilaian pelanggan terhadap produk yang anda jual sangat berarti karena menjadi salah satu kriteria Star Seller. Untuk itu pastikan produk yang anda jual berkualitas dan tidak mengecewakan pelanggan agar rating yang diberikan besar.

4. Toko memiliki minimum jumlah transaksi berhasil sebesar 100 pesanan dalam sebulan terakhir

Untuk mendapatkan star seller anda harus menjual produk sebanyak 100 pesanan dalam satu bulan dan melayani 25 pelanggan disetiap bulannya. Itu artinya anda harus memiliki 100 transaksi sukses disetiap bulannya.

5. Toko memiliki persentasi produk Pre-order < 20% selama < 5 hari dalam 30 hari terakhir

Dalam waktu satu bulan anda harus memiliki presentasi produk pre order kurang dari 20% yang diakumulasi kurang dari 5 hari.

Adapun ketentuan penjualan barang agar anda mendapatkan Star Seller yaitu :

a. Barang-barang, deskripsi produk, dan kemasan yang mengandung unsur barang palsu atau tiruan produk yang melanggar hak cipta atau merek dagang tertentu.

b. Barang bekas

c. Parfum

d. Suplemen kesehatan

e. Produk MLM

f. Lensa kontak

g. Voucher

h. Produk perawatan kulit yang tidak memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

i. Barang-barang bermerek yang tidak memiliki izin distribusi resmi dari pihak berwenang. Status Star Seller akan dinonaktifkan jika ada permintaan dari pihak distributor resmi.

Setelah mengetahui kriteria menjadi Star Seller, sekarang waktunya anda mengatur strategi untuk meraih status Star Seller dengan cepat dan mudah. Berikut merupakan tips dan trik untuk menjadi Star Seller.

1. Bersikap ramah kepada pelanggan

Untuk mendapatkan rating dan persentase yang baik, pelayanan yang raman dan baik menjadi salah satu faktor baik di mata pelanggan. Karena penilaian pelanggan tidak serta merta pada produk yang kita jual, tetapi penilaian terladap pelayanan juga menjadi pertimbangan pelanggan dalam memilih toko dan memilih penjual untuk dijadikan langganan.

2. Harga yang sesuai

Pastikan harga yang anda berikan sesuai dengan pasaran, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Harga yang anda tentukan harus sama dengan kualitas dari produk yang anda jual. Karena jika tidak sesuai, pelanggan akan merasa kecewa dan beranggapan bahwa toko anda tidak terpercaya. Pilih supplier yang memiliki produk yang sesuai dengan harga. Harga murah atau mahal tidak menjadi masalah karena kesesuaianlah yang menjadi nilai sebuah produk di mata pelanggan.

3. Promo

Atur strategi untuk menarik perhatian pelanggan, salah satunya dengan mengadakan promo-promo pada produk yang anda jual. Misalnya buy 1 get 1 free atau memberikan harga yang murah dengan minimal order. 

4. Bio toko yang menarik

Anda dapat mengatur sedemikian rupa sehingga toko anda terlihat menarik di mata pelanggan. Anda dapat mengatur nama toko, logo toko dan deskripsi  toko anda menjadi unik dan original. Berikan deskripsi produk yang jelas dan tidak bertele-tele. Foto produk yang original sesuai dengan aslinya. Sehingga pelanggan merasa tertarik dan percaya bahwa toko yang anda miliki tidak abal-abal. 


IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    Chat Admin