IMG-LOGO
Home Cara Jualan di Whatsapp Status

Cara Jualan di Whatsapp Status

Oleh Super Admin - 22 May 2019 - Berjualan di Whatsapp Dilihat 743 Kali
Share:
Cara Jualan di Whatsapp Status

Asal usul Whatsapp

Whatsapp merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Facebook, Whatsapp Inc yang digunakan untuk mengirim pesan berupa teks, gambar video dan lokasi. Whatsapp pertama kali diluncurkan pada bulan Januari 2009 dan pertama kali dibuat untuk pengguna iPhone. Seiring berjalannya waktu dan perkembangannya, aplikasi Whatsapp tersedia untuk versi Blackberry, Android, Windows Phone dan Symbian. Whatsapp dapat diakses melalui web browser dengan mengakses web.whatsapp.com.

Aplikasi whatsapp memiliki koneksi yang stabil dan dapat digunakan melalui jaringan GPRS/EDGE/3G atau wifi untuk menjalankannya. Whatsapp merupakan aplikasi pesan instan yang sangat ringan dibandingkan dengan aplikasi pesan instan lainnya. Sampai saat ini, Whatsapp menduduki 8juta pengunduh untuk pengguna Android dengan rating 4,4 dan 600ribu pengunduh untuk pengguna iPhone dengan rating 4,8. 

Fitur-fitur Whatsapp

Sesuai dengan misinya, whatsapp berhasil memberi alternatif untuk SMS atau pesan singkat. Pengguna whatsapp bisa saling bertukar informasi berupa teks, foto, video, dokumen, lokasi dan panggilan suara. Pesan yang dikirim melalui aplikasi whatsapp menggunakan keamanan enkripsi end-to-end sehingga tidak ada pengguna pihak ketiga yang dapat mengakses percakapan atau pesan yang anda kirimkan. Whatsapp menjamin keamanan pesan agar pengguna merasa nyaman dan dapat berkomunikasi secara luas diseluruh dunia. Secara detail, Whatsapp memiliki beberapa fitur unggulan seperti berikut ini :

1. Mengirim pesan teks, foto dari galeri atau kamera, video, berkas-berkas/dokumen

2. Menelpon melalui suara

3. Video Call

4. Berbagi lokasi melalui GPS

5. Berbagi kontak

6. Whatsapp mengembangkan emoji yang lebih simple dibanding dengan aplikasi LINE yang lebih beragam

7. Whatsapp menyediakan fitur untuk mengubah data profil seperti foto, nama, status, pengaturan privacy dan membackup pesan. Anda dapat melindungi akun whatsapp anda pada pengaturan privacy, pada menu ini disediakan pengaturan status terakhir dilihat, akses data foto profil dan bio, setting status, status pengguna yang di blokir dan lain-lain.

Tanda pesan di Whatsapp

Setiap aplikasi pesan instan, memiliki ciri khasnya tersendiri, whatsapp memiliki konsep tersendiri untuk menandakan status pesan yang sukses terkirim, sudah diterima dan sudah dibaca. Di aplikasi Blackberry status ini menggunakan tanda D dan R, di whatsapp menggunakan tanda centang. Satu tanda centang berwarna abu berarti pesan berhasil dikirim, dua centang berwarna abu berarti pesan telah diterima tetapi belum dibaca, dan dua centang berwarna biru berarti pesan anda telah dibaca. Ketika koneksi anda sedang tidak stabil, akan muncul tanda jam yang mengartikan pesan anda tertunda.

Whatsapp Web

Whatsapp web diluncukan Whatsapp Inc pada tanggal 22 Januari 2015. Whatsapp web dapat diakses melalui web.whatsapp.com, fitur ini memfasilitasi pengguna yang menggunakan komputer. Fitur whatsapp web membutuhkan akses internet dan terhubung pada aplikasi whatsapp pada smartphone, artinya aplikasi whatsapp di mobile harus saling terkoneksi terhadap whatsapp web dan internet. Untuk penggunaan pertama kali, pengguna membutuhkan proses sinkronisasi melalui scan barcode yang disediakan whatsapp web untuk di scan pada aplikasi whatsapp web, jika sudah terkoneksi, maka secara otomatis whatsapp web akan menampilkan list chat sesuai pada aplikasi whatsapp pada smartphone.


Pengguna dapat melihat daftar login terakhir akun whatsapp pada pengaturan Web Whatsapp yang tersedia pada aplikasi whatsapp. Fitur ini digunakan untuk melihat daftar dimana saja akun wahsapp kita pernah digunakan dan mengantisipasi akses whatsapp oleh orang lain. Jika pengguna melihat akses yang tidak sesuai, pengguna dapat melakukan logout pada perangkat yang tidak diperkenankan.


Whatsapp Status

Whatsapp status merupakan salah satu fitur yang ada di whatsapp yang dapat digunakan untuk berbagi teks, foto, video dan GIF dan pembaharuan tersebut akan hilang setelah 24 jam. Status whatsapp dapat diakses jika pengguna saling menyimpan nomor kontak. Untuk melihat pembaharuan status, klik tab status dan pilih pembaharuan pada kontak, anda dapat membalas atau member komentar pada pembaharuan tersebut dengan mengetuk Balas dibawah layar pembaharuan.

A. Cara memposting status

Untuk memposing status anda dapat melakukan tahapan berikut :

1. Buka layar status

2. Pilih status yang akan anda tambahkan. Terdapat 2 pilihan posting yaitu 

- Kamera , fitur ini digunakan untuk mengambil foto langsung atau dari mengambil dari galeri. Pada fitur ini juga kita bisa menambahkan tenor / gambar GIF yang disediakan oleh Whatsapp.

- Teks , fitur ini digunakan untuk memposting status berupa teks. Anda dapat menulis teks yang ingin anda posting dan memilih background teks dan jenis tulisan.

- Klik kirim 

B. Cara mengatur privacy status

Status yang anda posting dapat diakses oleh semua orang yang ada di kontak anda. Untuk membatasi akses, anda perlu mengatur privacy pembaharuan status dengan cara : 

- Buka layar status

- Klik Opsi lainnya Gambar 6 > Privasi Status

- Pilih siapa saja yang dapat melihat status anda

- Lalu klik selesai

Tips & trik berjualan menggunakan Whatsapp Status

Whatsapp dapat dimanfaatkan untuk berjualan produk melalui fitur chat dan fitur status. Berikut beberapa tips untuk memperluas pemasaran produk yang anda miliki.

1. Lengkapi identitas Whatsapp akun anda agar mudah diingat dan ditemukan oleh pelanggan. Identitas tersebut dapat anda atur dengan memasang foto profil yang unik dan menggambarkan toko / produk yang anda jual. Selain foto, nama yang unik dapat memudahkan calon pelanggan untuk menemukan akun toko anda.

2. Cantumkan nomor whatsapp anda pada toko online atau media sosial yang anda gunakan untuk mempromosikan produk anda. Nomor-nomor yang menghubungi anda untuk menanyakan produk yang anda jual dapat anda simpan di kontak hp anda. Selanjutnya anda dapat memberi nama kontak-kontak tersebut menggunakan nama yang khas misalnya produk jualan anda adalah sepatu, anda dapat memberi nama kontak pelanggan dengan “Sepatu Alex” artinya pelanggan bernama Alex yang pernah bertanya mengenai produk kita dan diawali kata “Sepatu” dimaksudkan agar terkelompok pada kontak hp kita. Dengan cara seperti ini calon pelanggan yang sebelumnya sudah bertanya mengenai produk kita, dapat melihat pembaharuan-pembaharuan melalui whatsapp status kita. Ini akan mempermudah pelanggan mengakses informasi terbaru produk-produk kita dan berpotensi besar membeli kembali produk anda.

3. Sering-seringlah mengupdate status dengan konten yang unik mengenai produ-produk anda. Anda dapat memposting mengenai informasi produk-produk terbaru, informasi diskon, informasi komunitas produk, tutorial yang berkaitan dengan produk anda, testimoni produk dan informasi lainnya. Sajikan konten se-unik munkin agar menarik perhatian pelanggan.

4.Broadcast merupakan cara menyampaikan informasi kepada banyak orang sekaligus dalam satu waktu. Cara ini efektif dilakukan untuk memberi informasi kepada pelanggan anda mengenai update produk terbaru atau informasi-informasi yang berkaitan dengan produk anda yang dibutuhkan pelanggan.

5. Buat grup khusus pelanggan yang ingin mendapatkan informasi terbaru mengenai produk yang anda jual. Pastikan informasi yang di posting adalah informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan dan bermanfaat untuk pelanggan. Hindari memposting informasi yang tidak bermanfaat dan kurang informatif.

6. Berikan komentar terbaik untuk setiap pertanyaan dan tanggapan dari pelanggan anda. 



IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    Chat Admin