IMG-LOGO
Home Cara Jualan di Bukalapak

Cara Jualan di Bukalapak

Oleh Super Admin - 24 April 2019 - Berjualan di Bukalapak Dilihat 579 Kali
Share:
Cara Jualan di Bukalapak

Bagi anda yang sudah terdaftar di Bukalapak dan menjadi pelapak, anda bisa mulai mengatur lapak anda dengan mengisi identitas lapak seperti nama lapak, sampul lapak, deskripsi lapak dan logo lapak anda. Identitas lapak merupakan hal utama yang akan menjadi ciri khas lapak anda. Buat logo dan deskripsi semenarik mungkin sehingga mudah diingat oleh konsumen. Jika anda sudah memiliki produk yang akan dijual, anda bisa langsung menambahkan produk ke sistem di Bukalapak, berikut merupakan tahapannya :

1. Buka situs bukalapak.com dan pastikan sebelumnya anda sudah dalam keadaan login.

2. Pilih menu “Lapak Saya” yang berada di sebelah kanan layar, lalu pilih “Coba Seller Center”, untuk mengupload produk, anda dapat memilih menu ini atau memilih menu "Jual barang", cara upload sama, akan tetapi di menu "Jual barang" terdapat metode penambahan barang dari Instagram. Untuk metode akan dijelaskan dipoin 5.

3. Setelah itu akan terbuka halaman baru yang menampilkan dashboard Lapak anda. Pada tampilan dashboard anda dapat memonitor beberapa informasi yang terdiri dari 

a. ringkas lapak anda seperti jumlah pelanggan, feedback pelanggan, waktu rata-rata pengiriman, reputasi lapak anda)

b. performa lapak (status transaksi, ulasan barang, informasi poin)

c. ringkasan transaksi (pesanan baru, pesanan diproses, komplain/retur), 

d. daftar barang (barang dijual, tidak dijual, barang draft)

e. informasi pelapak berisi pengumuman akan ditampikan untuk pelanggan anda

f. BukaDompet berisi data total saldo dan jumlah pencairan yang pending

g. Fitur promosi berisi informasi sisa push dan sisa budget promoted push anda.

4. Untuk menambahkan produk anda dapat memilih menu “Jual Barang”

5. Anda dapat mengupload produk dengan menggunakan beberapa cara yaitu :

a. Jual satu barang, pada tahap ini anda dapat mengupload gambar barang dengan ketentuan yang sudah ditentukan oleh Bukalapak,

data barang yang terdiri dari nama barang dan kategori barang,

harga barang anda bisa menginputkan harga satuan, perkiraan berat, stok dan kondisi barang, deskripsi barang anda dapat menulis deskripsi barang miniman 30 karakter dan melampirkan video jika ada. Setelah selesai anda dapat menyimpan data barang ke draf dengan menekan tombol , tombol  untuk menyimpan dan menambah form input barang kembali, dan tombol  untuk langsung menjual barang.

b. Jual banyak barang sekaligus, anda dapat mengupload banyak barang sekaligus menggunakan fitur upload file excel per maksimal 3 kategori barang.

Anda dapat memilih kategori maksimal 3 kategori barang yang akan anda upload ke system. Setelah memilih kategori anda bisa mendownload template dengan kategori yang telah anda pilih sebelumnya.

Setelah template berhasil terdownload, anda dapat langsung menginputkan data barang lalu menyimpan file tersebut di drive komputer anda.

Setelah selesai, anda dapat mengupload excel yang telah anda edit.

Setelah proses upload selesai, maka akan tampil status upload data seperti dibawah ini 

Anda dapat melihat list barang yang telah berhasil diupload dengan menekan tombol “Lihat” pada list dan melakukan perbaikan produk yang perlu diperbaiki dengan menekan tombol “Perbaiki Barang”.

c. Jual barang dari Instagram, fitur ini memungkinkan anda untuk menjual barang yang terdapat pada akun Instagram anda untuk kembali dipasarkan di Bukalapak. Anda dapat menghubungkan Instagram dengan mengklik tombol “Hubungkan Akun Instagram”. Anda dapat mengimport lebih dari satu barang yang tersedia di akun Instagram anda.

Setelah berhasil terhubung, anda dapat mengimport gambar yang terdapat pada akun Instagram. Bukalapak akan secara otomatis mengambil foto dan caption sebagai detail barang jualan.

Untuk memulai import barang klik tombol “Impor Gambar”, lalu akan muncul popup berisi foto yang ada di Instagram, anda dapat memilih gambar produk mana yang akan di tambahkan ke Bukalapak. Anda dapat menambahkan maksimal 20 gambar dalam 1 kali proses Impor Gambar. Setelah selesai anda dapat mengklik tombol “impor gambar”

Setelah berhasil terimport akan tampil seperti gambar berikut ini. 

Anda dapat mengedit Nama barang, Harga, Kondisi barang, Stok, Berat, Kategori, dan deskripsi barang. Jika anda ingin menghapus barang yang diimport, anda dapat mengklik tombol “Hapus barang” yang berada di sebelah kiri bawah form.

Setelah selesai anda dapat mengklik tombol “Jual Barang”.

Import barang dari Instagram berhasil dilakukan.

Jika anda ingin memberhentikan koneksi dengan Instagram, anda dapat mengklik tombol “Stop Hubungkan Akun” disebelah kanan form.

6. Setelah berhasil menambahkan produk, anda dapat melihat daftar produk pada menu “Daftar Produk”. Pada menu ini anda dapat mengelola produk seperti mengubah banyak barang, mendownload barang, promote barang, menampilkan barang perstatus (terjual, tidak dijual, draf), melakukan pencarian barang dan lain-lain.

Untuk mengelola produk di Bukalapak mudah sekali bukan? Selamat mencoba.


IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    Chat Admin