IMG-LOGO
Home Cara Install Whatsapp Business Untuk Bisnis Online Anda

Cara Install Whatsapp Business Untuk Bisnis Online Anda

Oleh Super Admin - 26 May 2019 - Berjualan di Whatsapp Dilihat 411 Kali
Share:
Cara Install Whatsapp Business Untuk Bisnis Online Anda

Bagi anda yang memiliki bisnis online, anda dapat menjatuhkan pilihan pada aplikasi Whatsapp yang memiliki fitur bisnis atau biasa disebut aplikasi Whatsapp Bisnis. Whatsapp bisnis memiliki keunggulan fitur dari Whatsapp biasa yaitu diantaranya :

1. Nomor telepon yang terdaftar pada Whatsapp bisnis dapat menggunakan nomor perusahaan. Berbeda dengan aplikasi Whatsapp hanya bisa menggunakan nomor telepon selular biasa. Hal ini tentu dapat mempermudah dalam memisahkan antara percakapan pribadi dan bisnis.

2. Terdapat identitas perusahaan pada kontak info mulai dari profil singkat perusahaan, alamat, website, email dan jam buka jam tutup perusahaan. Akun bisnis yang telah terverifikasi oleh Whatsapp akan bertanda checklist hijau 

3. Fitur pesan otomatis hadir di Whatsapp bisnis untuk memberikan pelayanan terbaik dan respon cepat terhadap pelanggan. Terdapat 3 layanan pesan yaitu : 

a. Away Message adalah layanan otomatis ketika pemilik sedang tidak membuka Whatsapp

b. Greeting Message adalah layanan otomatis ketika terdapat nomor baru yang terdaftar pada kontak pemilik

c. Quick Replies adalah layanan cepat yang dilakukan secara otomatis ketika pelanggan merespon dengan kode bot seperti terimakasih, halo dan lain-lain.

4. Terdapat fitur statistik pesan sehingga memudahkan pemilik dalam menganalisis pelayanan yang diberikan dalam kurun waktu tertentu. Jumlah pesan yang terkirim, diterima, pesan yang sampai dapat terlihat jelas pada statistik.

Dengan fitur-fitur yang disediakan di Whatsapp bisnis anda tidak perlu khawatir lagi mendapat komplain dari pelanggan karena telat merespon. Whatsapp bisnis hanya dapat dijalankan oleh 1 akun admin saja, walaupun begitu whatsapp bisnis dapat berjalan bersamaan dengan Whatsapp personal biasa. Berikut cara menggunakan whatsapp bisnis :

1. Untuk menggunakan whatsapp bisnis, untuk pengguna Android anda dapat mengunduh aplikasinya terlebh dahulu pada link berikut ini https://bit.ly/2Vyh1C5


2. Selanjutnya, anda dapat mendaftarkan nomor telepon rumah atau kantor yang digunakan untuk berbisnis. Setelah mendaftarkan nomor telepon, whatsapp akan memverifikasi nomor yang anda daftarkan untuk memastikan bahwa nomor yang anda daftarkan valid.


3. Selanjutnya anda akan mengisi nama akun bisnis anda, pada tahap ini anda harus memikirkan matang-matang nama yang akan dipilih, karena nama akun bisnis tidak dapat diubah dan bersifat tetap.


4. Selanjutnya, anda dapat mengisi profil bisnis anda dengan mengisi alamat, kategori bisnis, jam buka jam tutup oprasional bisnis, email dan website yang terhubung dengan akun Whatsapp bisnis anda.


5. Selanjutnya, anda dapat mencantumkan jam operasional bisnis anda dengan mengatur jam tutup, jam buka, hari libur.

  

6. Selanjutnya, anda dapat mengatur pesan otomatis untuk merespon pelanggan ketika akun bisnis anda sedang tidak aktif. Dengan begini pelanggan akan merasa nyaman karena mendapatkan respon cepat meski pemilik sedang tidak aktif dalam waktu tertentu.


7. Selanjutnya, and adapt mengatur respon pesan cepat dengan men-set shortcut sehingga anda tidak perlu repot-repot mengetik teks panjang untuk merespon chat dari pelanggan. Pada gambar dibawah, anda hanya perlu mengetik /sedia dan secara otomatis respon yang keluar adalah “Stok barang yang anda pesan tersedia”


8. Terakhir, anda dapat mengelompokan pesan berdasarkan jenisnya misalnya anda mengatur Label status jenis pelanggan berdasarkan status transaksi seperti order baru, menunggu pembayaran, order selesai atau berdasarkan konsumen seperti konsumen baru, konsumen yang berminat terhadap produk anda dan lain-lain. Hal ini dapat mempermudah anda dalam mengelola pesan yang masuk dan mengirim broadcast pada pelanggan tertentu.


IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    Chat Admin