IMG-LOGO
Home Berjualan Online lewat Marketplace

Berjualan Online lewat Marketplace

Oleh Super Admin - 26 May 2019 - Pengetahuan Umum Dilihat 165 Kali
Share:
Berjualan Online lewat Marketplace

Perkembangan dunia digital memudahkan masyarakat dalam mengakses berita dan informasi dengan sangat cepat. Begitu juga dengan dunia bisnis seperti berjualan, sebelumnya aktifitas berjualan hanya terjadi di pertokoan, pasar atau mall, namun seiring berkembangnya teknologi, terjadi inovasi-inovasi yang digagas oleh para pengusaha untuk menciptakan peluang usaha bagi para pembisnis di level kecil dan menengah. Kini toko-toko atau lapak-lapak sudah tersedia secara online dan bisa diakses dengan smartphone yang terkoneksi. Toko-toko online tersebut terhubung pada satu wadah yang disebut marketplace. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali marketplace yang sudah ternama dan banyak digunakan oleh masyarakat diantaranya Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan marketplace lainnya. 

Dengan tersedianya marketplace tersebut, masyarakat yang ingin membuka usaha dan memasarkan produknya, dapat langsung membuat akun dan mulai berjualan. Marketplace biasanya menyediakan fitur-fitur yang lengkap untuk mendukung proses transaksi antar pengguna yang dibuat secara aman dan nyaman. Produk yang tersedia di marketplace sangat beragam dan lengkap mulai dari perlengkapan sehari-hari, perlengkapan bayi, dewasa, anak-anak, elektronik, alat olah raga dan lain-lain. 

Bagi anda yang memiliki minat dan bakat berjualan, anda harus mencoba mengembangkan bisnis anda dengan berjualan secara online. Anda dapa memulai dengan menganalisis marketplace mana yang cocok untuk memasarkan produk anda hal tersebut bisa dilihat dari eksistensi sebuah marketplace, mana yang paling banyak diminati oleh masyarakat dan banyak memberikan keuntungan kepada penjual. Selain itu terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda memutuskan untuk membuka usaha berjualan online dengan memanfaatkan marketplace yaitu sebagai berikut :

1. Buat seunik mungkin bio toko anda. Anda dapat memulainya dengan membuat nama toko yang familiar dan mudah diingat oleh pelanggan, membuat deskripsi yang menggambarkan toko anda secara jelas dan detail, membuat logo dan cover dengan desain original dan menggambarkan identitas toko anda.

2. Sediakan materi berjualan dengan baik. Anda dapat menyiapkan foto produk dengan kualitas gambar yang baik, diambil secara jelas dengan pencahayaan yang cukup dan angle yang sesuai dan foto yang diambil harus sama dengan produk aslinya. Hal ini dilakukan agar konsumen mengetahui gambaran produk secara langsung dan tidak kecewa ketika mendapatkan produk aslinya. Selain itu sertakan pula definisi/deskripsi produk yang anda jual secara lengkap, spesifikasi ukuran, warna, jenis, kode dan informasi lainnya.

3. Berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan anda. Anda harus memberikan pelayanan terbaik dengan bersikap ramah terhadap pelanggan. Ketika anda mendapatkan pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan mengenai produk yang anda jual, berikan jawaban terbaik karena banyak pelanggan yang kembali berbelanja hanya karena pelayanan di toko tersebut sangat ramah cepat dan baik. 

4. Teruslah berinovasi dan mencoba hal-hal baru untuk diaplikasikan pada toko yang anda miliki agar dapat bersaing dengan toko lain. Buatlah strategi pemasaran seperti membuat promo-promo produk atau jenis penawaran lainnya.

5. Lengkapi semua kebutuhan anda berjualan seperti handphone atau gadget lain untuk mendukung anda berjualan dan lengkapi semua informasi toko  anda yang dapat mempermudah transaksi yang tersedia seperti rekening pembayaran, PIN transaksi, alamat pengiriman dan informasi dasar lainnya.


IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    CS
    Admin