IMG-LOGO
Home 5 Jenis Busana Muslim di Indonesia – Yang Mana favorit anda?

5 Jenis Busana Muslim di Indonesia – Yang Mana favorit anda?

Oleh Super Admin - 18 June 2019 - Pengetahuan Umum Dilihat 224 Kali
Share:
5 Jenis Busana Muslim di Indonesia – Yang Mana favorit anda?

Busana muslim merupakan istilah yang dipakai untuk pakaian yang digunakan oleh masyarakat Indonesia yang dipakai pada acara keagamaan dan kegiatan sehari-hari. Sebagai Negara muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki istilah sendiri untuk menamai beragam jenis busana muslim baik pria maupun wanita. Berikut merupakan jenis-jenis busana muslim yang ada di Indonesia :

1. Kaftan

Kaftan merupakan jenis pakaian yang terlihat seperti jubah dengan hiasan renda pada bagian sisi-sisinya dan pada bagian leher. Pakaian ini memiliki ciri khas pada bagian lengan yang lebar seperti sayap kelelawar memanjang menutup lengan tanpa jahitan. Kaftan dapat digunakan untuk menghadiri acara formal maupun non formal seperti pengajian atau menghadiri acara pernikahan.

Perkembangan Model Kaftan

Pada awalnya, kaftan didesain untuk kaum laki-laki untuk melindungi tubuh dalam beraktifitas sehari-hari. Namun seiring perkembangan jaman, pakaian ini digunakan untuk melengkapi tren fashion kaum wanita. Sebelumnya, Kaftan diciptakan dengan desain yang simple dengan hanya menerapkan satu warna dan desain yang monoton, kaftan kemudian dikembangkan dengan menerapkan hiasan renda dan bunga-bunga. 

   

Tips Memilih Kaftan

Agar nyaman dipakai, alangkah baiknya anda mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini sebelum memilih kaftan seperti berikut ini :

1. Pilihlah bahan kain yang tepat untuk digunakan sesuai dengan tema acara yang akan anda hadiri. Misalnya, untuk acara diluar ruangan seperti jalan-jalan dan liburan, anda dapat memilih bahan kain katun yang mudah menyerap keringat dan memilih bahan satin untuk acara mewah seperti pernikahan / pesta. Hal ini sangat penting karena jika anda salah memilih, anda akan merasa tidak nyaman menggunakannya dalam waktu yang lama.

2. Pilihlah warna kaftan sesuai dengan warna kulit anda. Jika kulit anda relatif gelap anda dapat memilih warna-warna hangat seperti kuning dan merah muda. Sebaliknya, jika kulit anda berwarna cerah dapat memilih warna-warna dingin seperti biru, hijau dan warna kulit.

3. Kenakan manset sebagai pelengkap gaya berhijab. Agar tidak monoton, pilih warna manset yang berbeda dengan warna kaftan.

Agar penampilan semakin menarik, kaftan bisa dipadupadankan dengan fasion item lain seperti kerudung, celana panjang dan beberapa aksesoris lainnya. 

2. Abaya

Abaya merupakan busana muslimah yang sering digunakan untuk acara-acara tertentu seperti pengajian, puasa dan lebaran. Desain abaya relatif ramping dibandingkan dengan kaftan. Terdapat dua model abaya yaitu A-Line dan Umbrella Line. Warna khas abaya adalah hitam.


Perkembangan Abaya

Awal mulanya abaya hadir dengan model yang sangat simpel dengan siluet lurus dan didesain dalam warna hitam, tanpa renda, tanpa payet, tanpa bordir dan motif. Namun seiring berjalannya waktu, desain abaya menjadi sangat beragam dengan tidak merubah ciri khas abaya itu sendiri dengan menambahkan aksen renda, motif dan payet.

Tips Memilih Abaya

Abaya merupakan pakaian yang simpel dan mudah dipadupadankan dengan item fashion lain. Bagi anda yang ingin tampil simpel namun tetap mewah, ada beberapa tips yang bisa anda terapkan yaitu sebagai berikut :

1. Pilihlah bahan kain abaya yang bertekstur lembut dan jatuh kebawah, ini berguna agar penampilan anda terlihat rapih dan ramping

2. Hindari memilih abaya dengan tekstur mengkilap karena akan memberikan kesan tubuh anda besar

3. Pilihlah motif sesuai dengan ukuran tubuh anda. Untuk anda yang memiliki tubuh kurus anda dapat memilih motif-motif besar.

4. Agar penampilan semakin menarik, anda dapat menggunakan hak tinggi dengan memilih warna yang berbeda dengan abaya yang akan anda kenakan

Agar penampilan anda menarik, anda dapat memilih model abaya berdasarkan model, desain dan ukuran tubuh anda sehingga nyaman digunakan.

3. Gamis

Gamis merupakan busana muslim yang dikenakan oleh wanita maupun pria dengan model lurus dari pundak hingga kaki. Ciri khas busana muslim ini adalah panjang dan longgar. Gamis memiliki warna dan model yang beragam dengan tidak menghilangkan ciri khasnya. Gamis terbuat dari macam-macam bahan kain seperti katun, sifon, balotelli, wollycrepe dan lain-lain

   

Perkembangan Gamis

Gamis bermula dari bahasa arab yang disebut Qhamis atau berarti pakaian. Di Indonesia biasa disebut Gamis yakni baju panjang dan longgar. Pakaian ini digunakan oleh muslim dan muslimah yang dibeberapa daerah disebut jubah. Di Negara Timur Tengah biasa disebut Thobe yang berarti pakaian sederhana.

Tips Memilih Gamis

Gamis hadir dengan beragam corak dan model sehingga membuat pemilihnya merasa kebingungan mengenai gamis yang cocok dikenakan sesuai dengan postur tubuh dan selera fashion seseorang. Berikut tips-tips untuk memilih gamis agar nyaman digunakan :

1. Pilihlah gamis sesuai dengan ukuran tubuh, bagi anda yang memiliki tubuh yang kurus, pilihlah gamis dengan model potongan lebar dibagian bawah. 

2. Sebaliknya bagi anda yang memiliki tubuh berisi, anda dapat memilih gamis-gamis sesuai dengan ukuran tubuh anda dengan memperhatikan warna dan motif pada gamis. Pilihlah motif bunga-bunga kecil dan warna yang sedikit gelap.

4. Tunik

Tunik merupakan busana muslim yang biasa dikenakan oleh wanita dengan model longgar yang panjangnya sampai pinggul atau sampai diatas lutut. 


Perkembangan Tunik

Tunik merupakan kata serapan bahasa Inggris yaitu tunic atau pakaian longgar. Awalnya pakaian ini digunakan oleh masyarakat Yunani Kuno. Tunik jaman dulu memiliki model satu warna ditambah dengan aksesoris ikat pinggang khas bangsa Romawi Kuno. Seiring berjalannya waktu, pakaian jenis ini menghasilkan banyak model dan banyak diminati oleh kaum hawa. Kini terdapat beragam jenis model tunik seperti model polos, tunik peplum (model tunik dengan lipatan dibagian bawah), tunik motif, tunik vest (model tunik panjang hingga lutut), tunik asimetris (model tunik yang memiliki sudut yang menyimpang atau mengerucut dibagian bawah)

Tips Memilih Tunik

Berikut merupakan tips memilih tunik agar penampilan anda menarik dan enak dipandang :

1. Bagi para hijabers hindari pemilihan model tunik dengan potongan pada bagian samping. Model ini dapat memperlihatkan lekukan tubuh anda seperti bokong dan paha. 

2. Pilihlah tunik dengan bahan kain sesuai dengan acara yang akan anda hadiri. Anda dapat menggunakan bahan kain yang dingin seperti katun untuk acara non-formal / santai. Anda dapat memilih kain yang tidak mudah kusut untuk menghadiri acara semi formal dan bagi anda para hijabers anda dapat memilih bahan kain yang tebal / tidak tembus pandang.

3. Pilihlah motif dan warna tunik yang menarik sesuai dengan warna kulit anda. 

4. Pilihlah model dan motif tunik yang kekinian agar tidak dianggap ketinggalan jaman. 

Bagaimana? Sangat beragam bukan? Sekarang anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih model baju muslim untuk anda kenakan. Segera tentukan pilihan baju muslim yang akan anda pilih untuk menghadiri acara dan menemani hari-hari anda.


IMG
Share:

Komentar

    Tambahkan Komentar



    Chat Admin